Galau Adalah? Inilah Jawabannya

Galau adalah? mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya apa sih arti dari galau yang sebenarnya itu? Memang benar jikalau kata galau bukanlah merupakan kata yang asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Kata ini seringkali kita dengar dimasyarakat atau kita membacanya diberbagai macam media baik cetak maupun elektronik seperti internet, blog, koran dan yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan mengenai hal tersebut, yaitu seputar pengertian dari galau dan hal-hal yangn terkait dengannya. So, silahkan simak tulisan yang satu ini mengenai kegalauan yang semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian yang budiman.

Galau Adalah

Sumber Gambar : https://www.flickr.com/photos/tjblackwell/26760899255

So, Galau Adalah…

Sebenarnya ada banyak sekali personal yang memberikan ungkapan atau pengertian daripada galau, seperti definisi galau yang dikemukakan oleh seorang motivator handal Indonesia yang namanya begitu populer dimasyarakat kita yaitu Mario Teguh

Galau adalah kegamangan rasa karena ketidakjelasan

Kalian bisa lihat di https://id-id.facebook.com/marioteguh/posts/10151387607694881

Baca Juga : Tips Mendapatkan Ketenangan Hati

Dari ungkapannya yang populer tersebut kita bisa mengambil benang merah bahwa awal muncul rasa galau adalah karena ketidakjelasan, oleh sebab itu kita harus bisa merubah ketidakjelasan itu menjadi secercah harapan dengan cara senantiasa berikhtiar dan bertawakal kepada Sang Pencipta, Allah Ta’ala.

Ya perlu diperhatikan adalah bahwa galau itu normal, dan setiap manusia tentu mengalami rasa galau, bukan begitu? Yang tidak normal adalah orang yang senantiasa berkutat dalam kegalauan dari waktu ke waktunya, tidak bisa move on.

Jika kalian masih muda dan sedang galau, itu sangatlah wajar. Namun kegalauan itu harus dijadikan pelajaran penting nan berharga untuk menjadikan masa depan yang lebih indah. Dan jangan sampai hari-hari tua kita diisi dengan kegalauan, penting untuk dicatat bahwa

Hidup Itu Bukan Untuk Galau, Tapi Untuk Sukses

Galau Adalah? Inilah Jawabannya

Kalau kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka kita akan mendapatkan definisi galau sebagai berikut

galau/ga·lau/ a, bergalau/ber·ga·lau/ a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran);

kegalauan/ke·ga·lau·an/ n sifat (keadaan hal) galau

Perlu kita ketahui bersama dan bisa jadi ini adalah ilmu baru bagi kita bahwa galau itu menurut KBBI ada beberapa pengertiannya, pertama adalah sibuk beramai-ramai, kedua adalah ramai sekali, dan ketiga adalah pikiran yang tidak karuan.

Namun tentunya galau yang kita maksudkan adalah pengertian yang ke-3 yaitu pikiran atau perasaan seseorang yang sedang kacau tidak karuan.

Tentunya keadaan atau kondisi seeorang yang sedang mengalami kegalauan bukan karena tanpa sebab, ada sebab yang menjadikannya stuck dalam kegalauan. Dan kondisi kegalauan yang dialami seseorang pun berbeda dengan yang dialami orang lain, artinya kegalauan itu bertingkat-tingkat, begitu pula penanganannya.

Bacaan Lainnya : Tidak Ada Waktu Untuk Galau

Lalu, Bagaimana Mengatasi Rasa Galau Dalam Diri Kita?

Sebagaimana yang telah dituliskan sebelumnya bahwa kondisi galau merupakan keadaan yang normal terkhusus bagi para pemuda, namun bukan berarti ini adalah pembenaran bagi kita untuk terus berada dalam kegalauan, kita hatus bisa move on dan menjalani kehidupan yang indah ini dengan riang gembira.

Nah untuk mengatasi rasa galau yang ada dalam diri kita, kita bisa melakukan beberapa hal yang direkomendasikan orang-orang yang berilmu (para ulama), diantaranya:

  1. Semakian mendekat kepada yang membolak-balikan hati, Allah Ta’ala.
  2. Senantiasa menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
  3. Membaca Al-qur’an dan mentadabburinya.
  4. Berkumpul dengan orang-orang shaleh.
  5. Senantiasa berpikiran positif dan percaya takdir Allah adalah yang terbaik.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan jikalah kita sedang mengalami kegalauan dan ingin sesegera mungkin move on kearah yang lebih baik.

Dibawah ini kami sematkan video Youtube mengenai “Tips Anti Galau ala Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam” yang disampaikan oleh Ustadz DR Firanda Andirja MA dalam kajian ilmiah berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi, Kerajaan Arab Saudi.

Tentunya kami berharap bahwa tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian yang budiman, dan kami juga berharap untuk kalian yang sedang dilanda kegalauan agar segera hilang rasa galaunya dan move on kepada kehidupan yang lebih baik.

Leave a comment